Al-Qur`anDo`aHaditsUncategorized

Doa tolak bala

Doa tolak bala dianjurkan oleh rasulullah setiap waktunya. Sedangkan beberapa manusia hanya sadar melantunkan doa tolak bala di waktu-waktu tertentu, diwaktu-waktu terkena musibah. Sementara dikala waktu lapang dan aman kebanyakan manusia lupa akan berdoa dan tawakal. Banyak doa-doa tolak bala hasil rekayasa sendiri di bagikan di berbagai media pengajian dan media online. Sebagai umat manusia yang beriman seharusnya mereka sadar setiap waktu bahwa harus tawakal seperti tawakal rasulullah SAW meneladani Al-qur’an sehingga direpresentatifkan dalam As-Sunnah sehingga seyogyakan manusia muslim meneladani mengamalkannya dengan aman jelas sebagai tuntunan sahih. Sehingga berdoa bertawakal akan Bala bencana seyogyannya dilafalkan setiap waktu dapat dibaca dengan tujuan untuk melindungi diri agar terhindar dari segala bahaya, bencana alam, hingga segala bala maupun bentuk syukur akan kelapangan agar tetap diberi kemudahan. Rasulullah SAW dalam berbagai haditsnya telah menuturkan bacaannya kepada umat dengan tuntunan jelas.


عَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Artinya: “Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR Bukhari).

Doa Rasulullah SAW Ketika Hujan Deras Disertai Petir
Anjuran memohon pertolongan melalui doa sendiri sudah ditegaskan dalam Al-Qur’an. Hal ini termaktub dalam surah Al Mukmin ayat 60 yang berbunyi,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: “Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mukmin : 60)

Ustman bin Affan pernah mendengar Rasulullah SAW menganjurkan bacaan doa berikut agar terhindar dari musibah atau doa tolak bala. Berikut bacaannya.

Bacaan Doa Tolak Bala Beserta Artinya


بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bacaan latin: Bismillahilladzi la yadurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa laa fissamaa’i, wa huwassamii’ul ‘aliim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).


Ada juga doa tolak bala yang sering kita dengar dibaca usai sholat berjamaah. Doa tersebut berbunyi,

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَاوَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Bacaan latin: Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni’mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al Quran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,”

Bacaan doa tolak bala dapat diamalkan setiap selesai sholat atau kapan pun sebelum kita memulai aktivitas. Semoga bermanfaat.

detik.com DOa Tolak Bala

Share Kebaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *