Al-Qur`anKeluarga BahagiaParentingUncategorized

Tipe Model Keluarga Manusia

Di jaman modern ini beberapa keluarga mengeluhkan kondisi keluarganya. Berdasarkan pendekatan penilitian ahli psikologi tentang keluarga. beberapa Tipe keluarga dapat dikelompokan sebagai berikut.

  1. Model/tipe hotel

model atau tipe keluarga ini adalah keluarga hanya sebagai tempat tidur. Aktivitas pemilik rumah banyak beraktivitas di luar rumah. penjaga perawat pengatur kebutuhan rumah tangga disiapkan oleh pembantu.

  1. Model/tipe Rumah sakit

Model ini adalah menampakkan dalam keluarga adalah Seluruh anggota keluarga hanya dapat berkumpul jika ada yang sakit. Jika dalam keadaan sehat semua masing-masing anggota keluarga sibuk sendiri-sendiri, tidak punya waktu untuk duduk bersama.

  1. Model/tipe pasar

Rumah tangga model ini tidak pernah terlihat sepi. Mulai pagi sampai dengan pagi lagi, ada saja kegaduhan yang membuat kebisingan.

  1. Model /tipe kuburan

Rumah Tangga model ini menunjukkan rumah sunyi sepi tiada komunikasi sesama anggota keluarganya. sedikit

sekali ada ngobrol-ngobrol bareng. Masing-masing anggota keluarga asyik dengan urusannya sendiri-sendiri, dan sibuk dengan gadget nya.

Yang lebih penting adalah tipe rumah seperti ini tidak ada suara lantunan Al-Quran, tidak ada zikir, dan tidak produktifitas ibadah lain. Dari Abu Hurairah, Nabi ﷺ bersabda,

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِى تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

“Janganalah jadikan rumah kalian seperti kuburan karena setan itu lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surat Al Baqarah.” (HR. Muslim no. 1860).

  1. Model/tipe ring tinju.

Rumah tangga tipe ini selalu meriah, antar anggota keluarganya tidak pernah berhenti selalu ada yang bertengkar. Selesai satu ronde istirahat sebentar lalu bertengkar lagi. Hidup anggota keluarganya persis seperti di atas ring tinju.

  1. Model/tipe sekolah

Model ini menunjukkan masing masing anggota berperan ada pak kepala, pak bon tukang bersih-bersih. Seperti dalam ruang kelas sekolah mereka saling belajar dan mengajar. Jika bertemu selalu merasa bahagia dan saat ada yang berpisah selalu merasa rindu ingin cepat bertemu kembali.

  1. Model/tipe masjid

Masjid atau tempat ibadah menunjukkan kebersamaannya berjamaah, yang dimulai dari bersuci artinya keluarga yang menyukai kebersihan, keluarga dirembug bersama menunggu imam sang pemimpin rumah tangga memulai diskusi dll. bukti bersama sama makmum menunggu imam sholat bareng sampai selesai. Sholat diakhiri salam yang artinya mendoakan keselamatan dan kesejahteraan untuk keluarga.


إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَٰجِدَ ٱللَّهِ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا ٱللَّهَ ۖ فَعَسَىٰٓ أُو۟لَٰٓئِكَ أَن يَكُونُوا۟ مِنَ ٱلْمُهْتَدِينَ

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS: At-Taubah [9]: 18).

Tipe atau model keluarga kita? jawabannya adalah tergantung masing-masing keluarganya masing-masing terserah kita sendiri Tipe manakah keluarga kita?

Sumber : hidayatullah.com Model Keluarga Islam

Share Kebaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *