Do`aFikihHaditsUncategorized

Keutamaan Rabiul Akhir

Amalan dan Keutamaan Bulan Rabiul Akhir

kumpulan fadhilah, keutamaan dan beberapa amalan bulan Rabiul Akhir yang sebaiknya dilaksanakan:

  1. Melaksanakan Perintah Syariat Wajib Lebih Giat

Amalan dan keutamaan bulan Rabiul Akhir yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan amalan ibadah. Lebih giat melaksanakan perintah wajib seperti salat 5 waktu memperbanyak puasa sunnah, dan kewajiban zakat untuk yang mampu yang harus ditunaikan. Sebagai umat manusia yang sehat & taat harus tetap belajar dan mengkaji beberapa makhluk Allah yang lebih baik, lebih taat, seperti perintah yang terabadikan dalam Surat Ar-Ra’d ayat 11 :

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Artinya: Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

dengan terus berusaha meningkatkan ketaatan disetiap waktu walaupun dalam gerusan zaman maka manusia muslim harus berusaha lebih baik dari sebelumnya. Sehingga mereka berusaha mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dengan semangat perubahan manusia pada diri sendiri tetap terisi oleh rasa iman kepada takdir bahwa jika Allah Ta’ala menimpa keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya. Sehingga tetap tumbuh rasa tawakal seorang manusia islam.

  1. Membaca Doa Pergantian Bulan Hijriyah

Ditakdirkan menjadi manusia beriman sangat berbeda dengan takdir manusia lainnya yang masih berusaha menelaah belajar dari segala kondisi dan nash baru kemudian beriman. Wujud sebagai praktek keimanan yang kuat menghadapi berubahnya waktu dan tempat maka seyogyanya manusia muslim bertawakal juga memanjatkan doa menggapai keberkahan waktu juga kesempatan. pergantian bulan menjadi barokah untuk mengamalkan keilmuwan islam melafalkan Al-Qur’an sesuai kaidahnya berdoa sesuai tuntunan nash yang sahih wujub menjaga nilai keilmuwan wujud kesetiaan kepada amalan yang di tuntunkan Rasulullah SAW.

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ علَيْنَا بِالأَمْنِ والإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ والإِسْلامِ، رَبِّي ورَبُّكَ اللَّه، هِلالُ رُشْدٍ وخَيْرٍ

Artinya: “Allah Maha Besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan ‘membawa’ keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, kemampuan untuk mengamalkan apa yang Kau suka dan restui. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”

  1. Memperbanyak Sedekah

Dalam bulan ini terdapat banyak sekali perang. Jadi, sangat baik bagi seorang muslim yang taat untuk melakukan sedekah meningkatkan amal jariyah wujud syukur keadaan islam sudah aman, wujud memerangi keinginan nafsu yang tumbuh setiap waktunya, sehingga harus sadar setiap waktunya. Sedekah sebaiknya diberikan kepada fakir miskin, anak yatim, atau mereka yang sedang berjuang di jalan Allah. selain dilaksanakan secara langsung untuk manusia yang membutuhkan, seorang muslim juga bisa memberikan sedekahnya kepada pesantren, masjid, sekolah, mushola, atau tempat pengajian.

  1. Perkuat Semangat Sholat Berjamaah

Amalan dan keutamaan bulan Rabiul Akhir yang dianjurkan yakni dengan terus menyemarakkan sholat berjamaah. Karena keberkahan Sholat berjamaah mengangkat 27 derajat. Dengan bertemu jamaah 5 waktu dalam sehari melalui sholat berjamaah bisa mendekatkan dan mengeratkan hubungan kita dengan manusia muslim lain.

  1. Memperbanyak Zikir

Amalan dan keutamaan bulan Rabiul Akhir lainnya yang sebaiknya ditunaikan yakni memperbanyak zikir. Memperbanyak zikir dilakukan untuk mengingat kebaikan Allah. Zikir juga bisa bisa mengalir setiap harinya dalam amalan pekerjaan masing-masing dengan wujud perilaku muslim kokoh imannya yaitu dalam bentuk bekerja yang kuat, amanah dan istiqomah.

  1. Menunaikan Puasa Sunah

Amalan dan keutamaan bulan Rabiul Akhir yang dianjurkan selanjutnya yakni menunaikan puasa sunnah. Puasa sunnah memiliki banyak sekali manfaat untuk kita. Salah satu manfaat puasa sunnah adalah menjauhkan diri dari segala perbuatan maksiat yang berujung datangnya siksa dari Allah SWT. Tak hanya itu, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan. Selama menjalankan puasa, seseorang dilatih untuk dapat menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang dilarang yang bisa menuntun kita pada dosa. beberapa puasa sunnah yang dianjurkan sesuai tuntunan Islam adalah puasa senin-kamis & puasa ayamul-Bidh

  1. Perbanyak Sholat Tahajud

Selain sholat wajib berjamaah yang sebaiknya ditingkatkan, pelaksanaan sholat sunah seperti sholat tahajud juga sebaiknya diperbanyak selama Rabiul Akhir. Adapun jumlah rakaat sholat malam yang dianjurkan yakni minimal 2 rakaat. Namun sesuai sunah Nabi, sholat tahajud ditunaikan sebanyak 11-13 rakaat dan ditutup dengan sholat witir.

Tidak hanya selama bulan Hijriah yang satu ini, kita juga sebaiknya senantiasa mengamalkan sunah-sunah Rasulullah SAW seperti sholat tahajud agar mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat.

  1. Membaca Doa Tolak Bala

Amalan terbaik setiap waktu setiap keadaan senang maupun susah seorang muslim adalah senantiasa tawakal. Tetap berfikir baik tetapi tetap sadar memohon dan berdoa dari keburukan takdir yang telah ditentukan Allah Ta’Ala kepada suatu kaum. Banyak doa tawakal berlindung diri yang dapat diucapkan dalam lafal bahasa masing-masing negara. Dimana tuntutan dunia harus sadar keinginan pada diri sendiri, maka wajib bagi umat beriman tetap menjaga ketaatan kepada syariat terjaga setiap waktunya. wujud usaha tolak bala adalah menyiapkan jasmani yang kuat dan tetap waspada setiap pekerjaan selama hidup didunia. sebagai wujud praktek ketaatan manusia dalam bentuk doa bisa berdoa dengan doa-doa berbahasa arab yang tercatat dalam nash-nash sahih yang derajat keabsahan keberkahan lebih utama. sekedar cuplikan contoh doa tawakal sorang manusia muslim adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni‘mah, wa abwabar rizqi,

wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal ‘afiyah, wa abwabal jannah.

Allahumma ‘afina min kulli bala’id dunya wa ‘adzabil akhirah, washrif ‘anna bi haqqil Qur’anil ‘azhim wa nabiyyikal karim syarrad dunya wa ‘adzabal akhirah.

Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin.

Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘an ma yashifūn, wa salamun ‘alal mursalin, walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan,

pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat.

Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah.

Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih.

Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan.

Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

sumber detik.com keutamaan rabiul akhir

Share Kebaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *