TarikhTarikhUncategorized

Kisah Sirah Lengkap Nabi Idris

Nama nabi Idris as. yang sebenarnya adalah Akhnukh, kemudian dikenal dengan nama Idris adalah karena beliau suka menghabiskan waktunya untuk membaca dan mempelajari kitab Allah. Idris merupakan putra Adam yang diberikan hak kenabian dan diperintahkan untuk menyampaikan risalah dan ajaran Allah SWT. Setelah nabi Adam dan Shyth. Didalam Bible, nabi Idris ini dikenal dengan nama henokh yang wafat pada usia 82 tahun. Idris merupakan keturunan keenam dari Nabi adam yang hidup hidup 1.000 tahun setelah nabi Adam meninggal dunia. Nabi idris dianugerahi kepandaian dalam berbagai disiplin ilmu oleh Allah SWT. Kemahiran dan kemampuannya dalam menciptakan berbagai alat untuk mempermudah segala pekerjaan manusia.

Beberapa ilmuwan yang menjelaskan bahwa Nabi Idris hidup sebelum Nabi Nuh, seperti Ibnu Katsir, Ath-Thabari, Ibnu Ishaq, Ibnu Jarir, Asy-Syaukani, dan juga As-Suyuthi. Nama asli Nabi Idris diyakini sebagai Khonukh, nenek moyang Nabi Nuh, berdasarkan teori yang muncul. Bukti tambahan untuk teori ini dapat ditemukan dalam QS. Maryam ayat 58.

bahwa Nabi Idris AS merupakan orang pertama yang mampu membaca dan menulis menggunakan pena. Melalui 30 buah Shofiah yang merupakan petunjuk dari Allah SWT, Ia menyampaikan dakwah kepada semua umatnya. Nabi Idris dikenal tidak hanya karena kemampuannya dalam membaca dan menulis, tetapi juga sebagai seorang nabi yang rajin dan suka belajar. Karena keaktifannya dalam mengejar pengetahuan dan konsistensinya dalam melakukannya, Idris berhasil memperoleh ilmu pengetahuan.

Melalui surah Maryam ayat 57 sebelumnya, disebutkan bahwa Nabi Idris AS ini mempunyai martabat yang tinggi.

وَرَفَعْنَٰهُ مَكَانًا عَلِيًّا

” Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi”.


Sementara dalam surah Al-Anbiya ayat 85, juga diutarakan pula jika Nabi Idris AS mempunyai sifat sabar yang sangat luar biasa.

وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا ٱلْكِفْلِ ۖ كُلٌّ مِّنَ ٱلصَّٰبِرِينَ

“Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar.”

Nabi Idris ini menyerukan ajaran dan risalah Allah, mengajarkan tauhid serta menyembah hanya kepada Allah agar dapat terhindar dari siksaan neraka dan mencapai surgaNYA pada orang-orang yang berada disekitar daerah Mesir. Beliau bisa memberikan pengetahuan agama lewat dakwah serta memberikan banyak ilmu yang juga kuasai dalam bidang yang lainnya. Nabi Idris sendiri adalah seorang nabi yang diutus kepada keturunan Qabil yang telah durhaka kepada habil karena telah membunuhnya. Idris berdakwah dan juga menyampaikan dakwahnya kepada kalangan keturunan Qabil tersebut. Beliau adalah orang yang suka berpuasa sepanjang masa, ketika datang waktu berbuka, malaikat selalu membawakan makanannya langsung dari surga. Beliau juga adalah salah satu orang yang selalu dirindukan oleh malaikat pencabut nyawa karena ketaqwaannya terhadap Allah SWT, maka beliau sangat dicintai banyak malaikat termasuk malaikat maut. Bahkan beliau adalah orang yang semasa hidupnya diajak oleh malaikat untuk berjalan-jalan untuk sekedar melihat keindahan surga dan kenistaan nerakaNYA. Selain itu ada beberapa keterampilan yang dimiliki oleh idris diantaranya adalah mampu menulis, menjahit dan juga mengetahui ilmu mengenai binatang.

Namun demikian dalam perjalanannya, ada banyak sekali hambatan yang dia hadapi. Nabi Idris hidup dan menyebarkan agama islam di Mesir, dan dia wafat pada usia 82 tahun. Diceritakan juga bahwa pada saat nabi muhammad melakukan isra mi’raj, nabi idris adalah nabi yang memberikan salam kepada nabi Muhammad. Dalam al-qur’an, kisah nabi idris diceritakan dalam beberapa surat seperti dalam surat Maryam dan lainnya.

Share Kebaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *